Day 48 : Mengulas Cerpen "Sesuatu yang Merasuki Lemariku" Karya Sabrina Lasama

                Hai gengs ... masih dengan tema mengulas cerpen, kali ini cerpen siapa kah yang akan saya ulas? Seperti biasa saya mengunjungi ngodop.com dan mulai berselancar melihat-lihat cerpen di sana. Mata saya akhirnya terpaut pada judul yang mengandung unsur horor yaitu "Sesuatu yang Merasuki Lemariku" Karya Kak Sabrina Lasama. Mari kita kupas, here we go!

        

Sumber foto : ngodop.com


            Selama membaca cerpen ini saya bisa membayangkan suasana mencekam dan ketakutan yang dirasakan penulis dalam kisah ini. Penulis memiliki kemampuan mendeskripsikan suasana dengan baik. Sampai-sampai pembaca ikut merasakan apa yang dialami penulis dalam kisah ini? Penasaran? Baca sendiri ya ...


Unsur Intrinsik

1. Tema : Misteri sebuah lemari 

2. Tokoh : Lyla, Babadook, Ayah, Anita dan selingkuhannya.

Penokohan : Semua tokoh digambarkan secara dramatik, Lyla seorang gadis yang introvert, kesepian pendiam namun berani. Babadook hantu penunggu lemari yang pendendam. Ayah Lyla sebagai ayah ia kurang peka terhadap yang dialami Lyla namun ia menyayangi lyla. Anita sebagai ibu tiri ia cukup sinis dan merasa tersaingi dengan Lyla. Selingkuhan Anita seorang pengecut yang mencoba bermain api dengan merusak rumah tangga orang.         

3. Alur : Alur mundur. Lyla sang tokoh utama menceritakan kembali pengalaman lima tahun yang lalu mengenai lemarinya.

4. Setting/Latar : Di sebuah kamar sederhana dengan sebuah lemari besar.

5. Sudut Pandang : Sudut pandang orang pertama, penulis menempatkan diri dalam cerita.

6. Gaya Bahasa : Penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan deskriptif.

7. Amanat : Berbagilah apapun masalahmu , karena jika kau pendam sendiri maka akan menyakitimu bahkan membunuhmu.


Unsur Ekstrinsik

1. Latar Belakang Masyarakat

            Horor merupakan genre yang memiliki tempat di hati masyarakat indonesia, bagaimana dunia lain selain dunia yang kita tempati  ini digambarkan baik  dalam sebuah tulisan maupun sebuah film. Penyukanya pun tak hanya kalangan orang dewasa saja, namun dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai genre ini. Saya merasa latar belakang masyarakat inilah yang melatarbelakangi terciptanya cerpen ini.

2. Latar Belakang Penulis

            Setelah saya mengunjungi media sosial kak Sabrina yaitu Instagramnya, saya menemukan beberapa fakta mengenai beliau. Melalui instagramnya saya mengetahui bahwa kak Sabrina memang suka menulis genre thriller atau horor. Pada tulisannya yang terbaru yang berjudul lubang gelap saya pun merasakan hal yang sama yaitu bergidik ngeri ketika membaca endingnya yang sungguh menimbulkan tanda tanya. Saya merasa genre ini sangat disukai penulis dan mempengaruhi cerpen ini.

3. Nilai yang Terkandung dalam Cerpen

            Nilai yang terkandung dalam cerpen ini salah satunya dari segi sosial bahwa perselingkuhan adalah hal yang tak pernah di benarkan dalam hal apapun. Perselingkuhan bisa merusak kepercayaan, hubungan dan tak ada kebahagiaan yang hakiki yang diperoleh dari sebuah perselingkuhan seperti yang terjadi pada Babadook yang bunuh gantung diri karena mengetahui istrinya berselingguh juga apa yang terjadi pada Anita ibu tiri Lyla.


            Itulah ulasan saya kali ini, terima kasih kak Sabrina atas tulisannya yang super kece ini. Melalui tulisan kak Sabrina saya bisa merasakan sebuah kisah horor yang berasal dari sebuah kepedihan hidup.



Comments

Popular Posts