Day 31: Otomatisasi berhemat

Hai Gengsss...!!! Welcome back to Kakitomete's Blog.

Gengs, sadar gak sih kalau di masa pandemi seperti ini berhemat itu menjadi hal yang sangat penting dan wajib dilakukan. Bayangkan saja, beberapa daerah atau wilayah memutuskan PSSB kembali, lalu instansi-instansi baik pemerintah atau pendidikan memutuskan untuk bekerja dari rumah dan mengajar dari rumah. Kita harus putar otak supaya dapur tetap ngebul dan bahan makanan bisa diperpanjang umurnya, but how can be?

Bisa dongs ... penasaran kan? Simak Otomatisasi Berhemat ala Ibuk Oz di bawah ini ya....



1. Simpan Segenggam, Beras.



        Bagaimana caranya bisa berhemat beras ya? Nah, tips ini saya dapatkan dari almarhumah ibu saya. Pertama-tama siapkan sebuah wadah seperti toples sedang. Setiap kali akan memasak, teman-teman silahkan mengambil beras sesuai kebutuhan atau biasanya memasak. Kalau saya biasanya pakai gelas takar yang di peroleh kalau beli megicom baru itu loh. Iya, yang ada ukurannya, saya biasanya masak nasi itu 3 gelas takaran itu. Nah, sebelum mencuci beras ambil segenggam beras yang kita masukkan ke dalam wadah megicom tadi. Lakukan hal tersebut setiap kali memasak. Pada saat beras kita habis, barulah wadah tempat kita menyisihkan beras setia kali memasak itu dibuka dan masak menggunakan beras tersebut. Jadi lebih hemat kan? Boleh di coba loh gengsss...


2. Beli bahan Masakan, Hanya yang akan dimasak.



        Biasanya kalau kita ke pasar, kita suka kalap mata ya? Mau beli ini, mau beli itu, beli semuanya. Sesampainya di rumah, beberapa bahan tidak dieksekusi dan kemudian membusuk dan mubazir. Sayang kan padahal sudah dibeli. Di masa pandemi ini sayang kalau harus buang-buang uang untuk membeli bahan tetapi tidak dimasak. Jadi sebelum belanja ke pasar, cek dengan teliti bahan makanan apa yang tidak ada di kulkas. Jika masih ada tidak usah dibeli dulu dan usahakan membeli bahan makanan yang memiliki daya tahan cukup lama seperti dikemas dalam plastik kedap udara atau dalam kaleng.


3. Beli bermacam-macam Cabe




        Jika biasanya teman-teman berbelanja cabe hanya cabe merah dan cabe rawit sekarang bisa ditambah cabe hijau dan cabe setan. Saya biasa mencampurkan cabe-cabe di atas ketika membuat sambal. biasakan mencampur cabe merah dengan cabe rawit sehingga terotomatisasi berhemat kedua macam cabe. Apalagi jika membeli cabe hijau, cabe ini bisa kita pakai ketika cabe merah benar-benar habis, karena seiring berjalannya waktu, si cabe hijau akan bertransformasi menjadi cabe merah. Apalagi jika teman-teman menggunakan cabe setan. Membuat sambal cukup dengan menambahkan 2 buah cabe setan dan cabe merah akan membuat sambal pedas secara otomatis dan cabe setan pun bisa dihemat.


4. Membagi Bahan Masakan



        Biasakan membagi bahan masakan untuk berapa kali memasak. Seperti membeli kentang setengah kg, jika terdapat 6 buah kentang bisa dibuat 2 kali memasak dengan bahan kentang atau 3 kali. Lalu bahan-bahan yang bisa dibagi diantaranya jengkol, petai, sayur toge, kangkung dan masih banyak lagi. dengan membagi berapa kali memasak maka akan menghemat bahan makanan dan memperpanjang bahan kita.


5. Menanam bahan masakan sendiri



        Nah, tips terakhir adalah yang paling jitu, yaitu menanam bahan masakan sendiri seperti kangkung, terong, cabe, timun, bayam, daun singkong, bawang putih, wortel, dan masih banyak lagi. Yuk, kita manfaatkan pekarangan rumah kita untuk menanam sayur-sayuran. Bahkan teman-teman tidak perlu membeli sayuran yang bisa ditanam sendiri. Otomatisasi berhemat jadinya kan ...


        Nah, sudah tidak pusing lagi kan gimana caranya supaya bisa berhemat di tengah pandemi yang sepertinya tak jua berakhir ini? Sebagai ibu rumah tangga, atau pun calon kita memang dituntut untuk bisa menyiasati kebutuhan dapur. Semoga tips ini bisa membantu dan setidaknya bisa bermanfaat untuk teman-teman dimanapun berada.


Sekian!!!

Comments

Popular Posts