Day 34 : Hapus Data WhatsApp yang tidak dibutuhkan!

 Hai gengsss... !!! Welcome back to Kakitomete's Blog!!

        Apa di antara teman-teman ada yang punya masalah dengan memory handphone yang sering penuh? Coba diingat-ingat, aplikasi apa yang memakan space memory yang paling banyak? Nah, iyaaa... itu... yang hejo-hejo .... Whatsapp! Ibuk Oz punya cara ampuh membersihkan memory whatsapp yang mungkin jarang teman-teman tau cuss ... simak selengkapnya hanya di Kakitomete's Blog!!!!


Cara Ampuh menghapus data WhatsApp yang tidak dibutuhkan

1. Hapus Penggunaan Memory Jaringan

Teman-teman pernah merasa kalau Whatsappnya lola, lemot dan lambat tidak? nah, mungkin penggunaan memory jaringannya sudah penuh, ada baiknya kita bersihkan terlebih dahulu ya teman- teman, caranya mudah kok.

a. Buka setelan Whatsapp, setelan ini ada di pojok kiri atas, di klik saja titik tiga maka akan muncul menu pilihan Grup Baru, Siaran Baru, WhatsApp Web, Pesan Berbintang dan Setelan. Klik menu pilihan terakhir.

b. Setelah di klik Setelan, teman-teman pilih menu Penyimpanan dan penggunaan data, kemudian teman-teman akan diberikan pilihan Kelola penyimpanan, penggunaan jaringan dan Unduh Otomatis. Silahkan teman-teman pilih Penggunaan Jaringan.

c. Teman-teman akan melihat beberapa aplikasi dengan jumlah penggunaan jaringan pada handphone, silahkan scroll kebawah sampai menemukan menu setel ulang statistik, klik Setel Ulang statistik lalu klik setel ulang maka penggunaan jaringan akan kembali ke angka nol.


2. Hapus Kelola Penyimpanan 

Pada menu Kelola Penyimpanan kita bisa menghapus semua file yang sudah tidak kita butuhkan lagi atau kita bisa memilih mana yang akan dihapus dan man yang tidak. Caranya sama dengan cara menghapus penggunaan memory jaringan sebelumnya, ulangi langkah-langkah di atas dari langkah a sampai langkah b, pada langkah b teman-teman memilih dan mengklik menu pilihan Kelola penyimpanan. Disinilah teman-teman bisa menghapus file yang berasal dari chat yang sudah tidak digunakan lagi, disini juga mereka mengurutkan chat dengan penggunaan memory terbesar sampai terkecil, kita pun bisa memilah file mana saja yang masih kita pertahankan dan mana yang tidak lagi dibutuhkan.


3. Pengaturan Unduh Otomatis

Teman-teman terkadang pasti merasa bingung karena, setiap menyalakan paket data sebentar saja pasti langsung habis, lalu teman-teman merasa tidak mendownload foto atau dokumen yang di kirim ke chat tetapi tiba-tiba memory langsung penuh dengan foto yang tidak dikenali ataupun dokumen yang tidak diunduh. Hal ini juga bisa terjadi karena teman-teman menceklis pengaturan unduh otomatis. Caranya masih sama ulangi langkah-langkah poin pertama pada langkah-langkah a dan b, kemudian pilih Unduh otomatis media, pada menu pilihan Saat menggunakan data seluler teman-teman klik lalu pilih pada saat menggunakan data seluler file apa saja yang teman-teman izinkan untuk terdownload secara otomatis, apakah foto, audio, video dan dokumen? Jika teman-teman ceklis semuanya dan klik oke, maka pada saat teman-teman menghidupkan data seluler, secara otomatis ketika ada yang mengirim foto, audio, video dan dokumen maka akan terdownload secara otomatis. Saya sarankan untuk tidak diceklis semua pilihan itu jadi ketika ada pesan yang masuk entah itu foto, audio, video dan dokumen tidak akan terdownload secara otomatis. Jika kita ingin mendownloadnya dan di klik file tersebut barulah bisa terdownload. begitu seterusnya.


Nah, sekarang sudah tidak pusing-pusing lagi kan apabila memory handphone mulai penuh, tinggal hapus saja filennya di setelan whatsApp. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu pada tips-tips selanjutnya.

Sekian!!!

Comments

Popular Posts