Day 17 : Tekuyung Sungai, Makanan Kaya Nostalgia dan manfaat

Ada yang pernah dengar dan lihat Tekuyung? Atau Siput Sungai? Wah, kalau Ozoers belum pernah dengar dan lihat berarti masa kecilnya tak sebahagia saya 😄

Tekuyung *biasa saya menyebutnya, biasa ditemukan di sungai. Ketika kemarau datang dan volume sungai menurun (kalau bahasa kami dangkat/dangkal) kami akan berhamburan setiap sore mandi kesungai sambil mencari tekuyung. Setelah puas mengumpulkan tekuyung kami akan membawanya pulang untuk dimasak. Biasanya tekuyung akan sangat lezat dimasak dengan dua cara, yang pertama dibuat seperti sop dan kedua digulai dengan daun pakis dan udang. Saya takkan pernah tidak nambah kalau makan sajian ini.

Kini, setelah dewasa dan berumah tangga Tekuyung memberi Nostalgia tersendiri bagi saya. Karena dulu, tekuyung dengan mudah didapatkan sedangkan sekarang agak sulit karena sudah banyak pencemaran sungai. Akan tetapi kenangan masa kecil ini terulang kembali ketika saya membeli satu porsi gulai tekuyung. Saya sangat bahagia dan lahap memakannya. Sampai tak bersisa. Yang paling nikmat adalah ketika saya berhasil menghisap isi/daging tekuyung. Slrrrppp!!!! Begitu menggugah selera. Eitss, supaya daging tekuyung bisa mudah dihisap, bagian buntutnya harus dipotong dulu ya...

Sajian ini selain mengugah selera, juga ternyata kaya akan manfaat loh Ozoers. Mau tau apa saja manfaatnya? Cuss simak ulasan dibawah ini.

Ada 5 manfaat mengkonsumsi tekuyung/siput sungai;
  1. Lendir siput ini dipercaya dapat menyembuhkan luka karena mengandung antiseptik
  2. Nah, ternyata tekuyung ini kaya akan protein dan asam amino seperti pada daging kambing dan sapi loh Ozoers... keren kan.
  3. Kemudian bagi Ozoers yang sedang dalam masa diet bisa banget mengkonsumsi tekuyung ini karena rendah lemak.
  4. Selanjutnya yang punya masalah sama jerawat dan sudah lama tidak juga kunjung sembuh jangan khawatir, mengkonsumsi tekuyung juga bisa mengobati Jerawat loh. Gak usah ragu lagi. Cuss ke sungai nyari tekuyung. heheh
  5. Manfaat yang terakhir adalah selain berolah raga dan menjaga pola hidup sehat sajian ini juga membantu menjaga imunitas tubuh karena dagingnya mengandung  Vitamin A, C dan Asam Folat yang bisa menjaga kesehatan Ibu yang sedang hamil.
Semoga Ozoers yang belum tahu dan penasaran terhadap tekuyung/siput sungai mendapatkan manfaat dari tulisan ini. Cuss ke sungai, kapan lagi bisa sambil berenang dan dapat makanan yang super sehat ini.

Salam Sehat!!!


Comments

  1. Mantaappo Bu Oz ..
    Pengalamannya bisa dijadikan pelajaran.

    Kalau di tempat saya, mainnya kesawah siput yang dimaksud disebut "Tutut" ... Ada sensasi berbeda ketika makan Tutut.

    Mantappo

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tutut ya kalau ditempat masnya... dimana tempatnya tuh?

      Delete
  2. Kl di tempatku, namanya "Kreco" 😋😋, kuah santan dg parutan kelapa yg segeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. slrrrppp... wahh... kayaknya enak tuh mbak... heheheh

      Delete
  3. Kalau di tempatku namanya juga kroco, biasanya juga bisa di temukan di sawah padi yang digenangi air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana tempatnya mbak... wah.... banyak yang kenal yahhh sama makanan ini heheh

      Delete

Post a Comment

Popular Posts