Day 13 : Saya lebih cenderung ke ...


Ketika ditanya saya lebih suka fiksi atau non-fiksi, tanpa ba-bi-bu saya akan jawab dengan seyakin-yakinnya yaitu "Fiksi".

Saya akan bercerita kenapa saya lebih cenderung suka menulis fiksi dibandingkan non-fiksi.
Alasan pertama saya yaitu saya suka berimajinasi. Sejak kecil, saya suka membayangkan bahwa saya adalah orang lain, tinggal di sebuah rumah yang saya suka dan orang tua yang saya inginkan. (contoh anak yang tidak bersyukur😅) Menikah dengan pangeran tampan berkuda *halah, dongeng betul. Terus, saya juga suka main bepe-bepe an yang kalau mainnya tuh ngomong sendiri. Hubungannya dengan fiksi? Ya... main bepe-bepe an kan harus pakai imajinasi kan ya, ada yang jadi ayah, ibu, anak dan sebagainya. Saya lebih suka baca buku cerita, di bandingkan buku lainnya seperti biografi, artikel dan lain-lain. Entahlah, tetiba saja alur ceritanya bisa meresap ke dalam sukma.

Kemudian ditambah lagi pada saat kuliah, saya mengambil jurusan Sastra Inggris di mana saya lebih intens lagi bersentuhan dengan genre yang satu ini. Mata saya akan terasa kabur apabila saya harus baca artikel atau pun teori, tetapi bakalan melek kalau disuruh baca novel. Pernah suatu waktu kami sekelas diberi tugas untuk membaca novel yang kami suka dan saya menjadi orang pertama yang selesai membaca novel tersebut. Ketika sudah menjadi ibu rumah tangga, saya pun suka mendongengi keponakan saya. Dongeng tersebut terkadang buah hasil imajinasi saya. Ketika ingin mengajarkan nama- nama buah atau hewan, saya dengan lancarnya bercerita tentang hewan dan buah yang bisa berbicara bertualang di negeri antah berantah.

Alasan kedua saya adalah saya ingin menjadi seorang penulis novel, nah dari sini ketahuan kan kemana arah tulisan yang saya sukai. Saya selalu terkagum-kagum dengan penulis yang bisa menuangkan sebuah ide yang berasal dari imajinasi menjadi sebuah cerita yang tampak nyata, atau terkadang sebuah cerita imajinasi yang bersumber dari kejadian nyata. Genre ini memiliki banyak klasifikasi lainnya akan tetapi saya paling suka dengan fiksi anak-anak (Children Fiction). Saya selalu penasaran dengan dunia anak-anak dan sangat ingin membuat Novel yang mana karakter dan ceritanya tentang anak-anak. Maka ketika saya mengikuti tantangan menulis di bulan Ramadhan lalu saya sering membuat cerpen yang berkaitan dengan anak-anak. Semoga suatu saat nanti saya bisa menjadi seorang penulis novel fiksi anak-anak. Aminnn....




Comments

Popular Posts