Day 1 : Tips dan Trik Memotivasi Diri untuk Menulis

Mau Nulis Apa ya?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo teman-teman Odopers ...
Perkenalkan Nama Saya Mairoza HR, biasa dipanggil Oza atau Mrs. Oz.
Rutinitas sehari-hari saya selain sebagai ibu rumah tangga yang belum punya buntut 😁 adalah mengajar di sebuah sekolah negeri di salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi.
Yaps, saya adalah seorang guru di SMP Negeri 5 Jujuhan Kabupaten Bungo.

Sudah ya perkenalannya... sekarang kita lanjut ke judul di atas.
Sebenarnya tips dan trik ini saya buat untuk diri saya sendiri, siapa tahu bisa bermanfaat bagi orang lain. Jadi, saya sudah mulai suka menulis sejak saya kelas 3 SD. Sewaktu SD saya menulisnya di buku diari gais, itu loh buku kecil yang berwarna-warni trus suka ada gemboknya. Saya suka penasaran kenapa buku diari dikasih gembok ya? Sampai-sampai bisa kejer jejeritan nangis kalau si buku jatuh ke tangan temen cowok yang usil. Padahal kan isinya cuma curhatan bocah SD yang kalau jajan dikasih 300 perak senengnya gak ketulungan trus curhatnya sampe berlembar-lembar. #Ehkokjadisayayangcurhatyah


Okay, kegemaran saya menulis sejak SD pun terus berlanjut sampai kuliah dan sekarang. Hanya saja media menulisnya sudah tidak pakai buku diari lagi. Buku diari hanya berdikari sampai saya SMA. Berhubung pada waktu kuliah saya dikenalkan sama Blog yaitu salah satu web yang memfasilitasi penulis-penulis kek sayah untuk menulis di dunia maya *tsah . ..  maka Lo Gue End  *ngomong sama diari. Tapi, buku diarinya gak langsung saya bakar dong ... sayang ... saya loakin *Hehe ... Bercanda.

Waktu pertama kali kenal blog, saya kalap dong yah ... baru bisa bikin satu blog saya langsung bikin satu lagi, lagi, lagi dan lagi... yang itu kalau mau curhat tentang si doi, yang satu lagi tentang galau, satu lagi tentang kuliah dan masih banyak lagi. Kalau mau saya cariin lagi tuh blog dari jaman pertama bikin sampai sekarang, mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan semua blog sayah *hehehe ....

Nah, saking banyaknya blog, saya kadang suka bingung mau ngisinya ... akhirnya satu-persatu blognya saya tinggalin dan saya fokus pada satu blog yang sekarang lebih rajin saya posting tulisan yaitu Kakitomete. Kakitomete ini adalah blog yang saya buat pada tahun 2019 pada bulan Mei. Blog ini saya persiapkan khusus untuk mengikuti Ramadhan Writing Challenge yang diadakan oleh Komunitas Menulis One Day One Post dan akhirnya blog ini alhamdulillah masih aktif meskipun masih belum terlalu rutin saya posting. Mungkin bagi teman-teman yang sudah lihai menulis mengisi blog itu gampang, ide mengalir deras sampai tumpe-tumpe *Ups ...

Bagi saya yang diselingi dengan beragam aktivitas padat merayap, dari jadi IRT, Mengajar, Pelatihan sana dan sini ditambah lagi harus mengisi blog yang mana si Ide lagi ngayap ntah kemana membuat saya on dan off dalam menulis. Saya merasa saya butuh motivasi. Apakah anda juga membutuhkan motivasi? Silahkan hubungi nomor di bawah ini 0853**** ... *Jadi ngawur 🙊

Maka saya akan mencoba membuat beberapa tips dan trik memotivasi diri untuk Menulis, silahkan disimak baik-baik ya gaiss... mohon siapkan sabuk pengaman karena landasan yang akan kita tempuh dipenuhi kerikil perjuangan dan doa kek lagu Roma Irama #Terlalu.

Udah siap belum? Kalau belum siap saya tungguin ... *Ini mau kemana si?
Okay serius !!!

Tips dan trik memotivasi diri untuk menulis yang pertama adalah ...
  • Siapkan Niat dan tekad yang bulat!!! yang bulat ya, jangan kotak-kotak kek hati aku yang terkotakkan hati kamu #eeeaaaa.... *Maafkeun
Berhubung Niat sudah disiapkan dari tadi maka tips yang kedua adalah ...
  •  Fasilitasi diri dengan media menulis seperti blog atau yang lainnya seperti wordpress, tumblr, dll.
Tips yang ketiga adalah ...
  • Ikuti tantangan menulis online yang bisa memaksa dan memotivasi diri kamu untuk menulis setiap hari seperti ODOP Batch 7 yang sedang saya ikuti ini, karena mau tidak mau atau suka tidak suka ketika sudah bergabung akan ada aturan yang mengatur serta mengikat agar kita menulis sehingga setiap hari nya kita akan produktif menghasilkan tulisan-tulisan yang cetar dan kece badai membahenol.
Tips yang keempat adalah ...
  • Kalau sudah berkumpul dengan penulis-penulis hebat kan bisa saling berbagi. Nah, manfaatkan kesempatan itu untuk saling belajar supaya kualitas tulisan bisa lebih baik. Kan jarang-jarang bisa ikutan kegiatan menulis yang gratis dan bisa berbagi dengan penulis kece lainnya.
Tips terakhir ...
  •  Jangan ikut Tantangan menulis terlalu banyak, karena bisa membuat kita tidak fokus dan hasil tulisan yang diproduksi tidak maksimal. Cukup satu saja tetapi Istiqomah.
Itu saja tips dan trik memotivasi diri untuk menulis dari saya, semoga bermanfaat.
Akhirul kalam, Wassalamualaikum Wr. Wb.

🙋🙋🙋 See you egen



Comments

  1. hihiii.. terima kasih motivasinyaaaa, semoga terus konsisten bikin tulisannya :)

    ReplyDelete
  2. Wahhh....alhamdulillah...senangnya dapat motivasi dan tips menulis. Terima kasih ya kakak 😍🤗

    ReplyDelete
  3. Semoga kita bisa konsisten sampai akhir, dan berhasil menjadi keluarga besar ODOP.

    Makasih mbak atas motivasinya. Semangaat...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tips nya hehe
    Semoga kita semua bisa konsisten, dan lulus semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama .... aminn ... Salam Istiqomah (2)

      Delete
  5. Alhamdulillah, semoga bermanfaat...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts