Day 12 : Belajar Asyik Bersama Rumah Belajar


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hello gaissss.... Welcome back to Oz Blog!
Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK atau yang disingkat dengan Pembatik.

Jadi, pada pertengahan April 2019 yang lalu saya mendapatkan sebuah link pendaftaran yang dikirim ke grup untuk mengikuti Pelatihan Pembatik. Karena saya orangnya super kepo atau suka penasaran, saya klik dan coba mendaftar. Pelatihan ini dibagi menjadi 4 level. Level 1 dan 2 secara daring/online. Level 3 tatap muka dipilih 30 guru terbaik se-Provinsi Jambi dan Level 4 hanya diambil 1 dari 30 peserta dan melaju ke Nasional dan dinobatkan menjadi Duta Rumah Belajar.

Level 1 dilaksanakan secara online, tugas kami hanya membaca modul yang disediakan dan kemmudian menunggu jadwal untuk mengikuti ujian akhir. Alhamdulillah, saya berhasil melewati level 1 dan melaju ke Level 2. Nah, untuk lulus level 2 saya harus mengikuti ujian dan membuat tugas video pembelajaran. Dengan kemampuan membuat video pembelajaran yang abal-abal saya pun masih beruntuk bisa melaju ke Level 3. Sebuah kebanggaan tersendiri saya bisa terpilih diantara 30 peserta hebat se-provinsi Jambi. Pada level 3 kami melaksanakan workshop selama 3 hari. Disinilah kami saling belajar dan berbagi ilmu membuat video pembelajaran.

Setelah melaksanakan workshop kami kembali pulang ke sekolah masing-masing untuk melaksanakan Sosialisasi Rumah Belajar, menyempurnakan video pembelajaran dan membuat action plan. Alhamdulillah video penyempurnaan sudah dibuat dan sudah dikirim. Tinggal tugas sosialisasi dan action plan yang harus dikumpul paling lambat tanggal 30 September 2019 mendatang.

Saya merasa bangga dan senang bisa mengikuti Pelatihan ini, karena saya bisa belajar membuat naskah outline membuat video pembelajaran dan masih banyak lagi. Selain itu saya juga bisa menambah pertemanan dan bersaing bersama guru-guru hebat Se-Provinsi jambi. Kalau pun nanti tidak terpilih ke level 4 saya cukup bangga dengan pengalaman ini.

Sedikit saya bercerita mengenai Rumah Belajar. Rumah Belajar adalah portal onlin yang bisa dimanfaatkan oleh guru maupun siswa untuk belajar secara mandiri karena terdapat beberapa fitur seperti Sumber Belajar, Bank Soal, Lab maya dan kelas Digital. Sehingga para siswa dari PAUD/TK, SD, SMP dan SMA/SMK bisa mengakses dan menggunakannya Di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. 

Jangan ketinggalan ya gaisss... masa siswa millenial belum kenal Rumah Belajar? Cuss kepoin Rumah Belajar atau download aplikasinya di Playstore... jangan sampai ketinggalan dong ya....

Sekian dulu dari saya.
Wassalamualaikum Wr. Wb
See you egen

Comments

Popular Posts