#Day7 : Pelajaran Hidup dari Sambal Terasi Buatan Papa

Meski tahun 2012 seorang pria telah meminangku untuk dijadikan istrinya, aku tetaplah gadisnya papa. Tak pernah kubayangkan akan berpisah dengan papa, karena itu adalah hal terberat dalam hidupku, mengapa? Karena sejak Ibu kandungku meninggal aku tak pernah berpisah dengan papa. Begitupun dengan papa, saat ia menikahkanku dengan abang terdengar suaranya bergetar mengucapkan ijab qobul kepada abang. Namun ia berusaha untuk tetap kuat untuk menyelesaikan ijab qobul hingga gadisnya ini sah menjadi istri abang.

Kini, setelah hampir tujuh tahun pernikahanku kami pun hidup terpisah. Papa sudah berdomisili di Bekasi sedangkan aku di Bungo. Banyak kenangan-kenangan saat ramadhan yang aku lalui selama 22 tahun sebagai gadisnya papa. Pada saat aku kelas 2 SD papa pernah berjanji, jika puasa ku lancar sampai magrib ia akan membelikan makanan kesukaanku, Ikan Nila Saus Pedas Manis. Dengan diiming-imingi makanan kesukaan aku jadi semangat puasa dan berhasil puasa sampai magrib.

Seiring berjalannya waktu, puasaku selalu lancar tanpa diiming-imingi apapun karena sudah beranjak dewasa. Akan tetapi setiap Ramadhan datang papa selalu berusaha memasak masakan kesukaanku dan istimewa. Salah satu masakan istimewa papa adalah sambal terasi goreng ikan asin, tempe dan tahu. Makanan ini tak kan pernah luput sampai sahur, karena akan segera ludes kami makan pada saat berbuka puasa. Papa pernah bilang bahwa kunci dari enaknya sambal terasi adalah semua bumbu/rempah-rempahnya ditakar secukupnya, jangan ada yang berlebihan. Karena menurut papa, jika ada bumbu yang berlebih maka keseimbangan rasanya akan berubah. Sama seperti sebuah pernikahan, jika dalam membina rumah tangga kalian merasa cukup maka kalian akan saling melengkapi satu dengan yang lain. Akan tetapi, jika ada satu saja diantara suami dan istri merasa tidak cukup maka gesekan dari gelas-gelas kaca itu akan mulai berdentingan.
Itulah secuil pelajaran dari sambal terasi ...
Semoga berkah puasa kita hari ini ...
Kalau makan sambal terasi, lihat kiri kanan ya... siapa tau mertuanya lewat ... 😁
 

Comments

Popular Posts