#Day1 : First Fasting and Menu in Ramadhan


Perkenalkan, namaku Oza. Tahun ini adalah Ramadhan ke tujuh bersama suami, Puasa Kali ini sedikit terasa berbeda selain dari masih LDR-an dengan Suami. Ya, Aku memang sudah menikah sejak tahun 2012 yang lalu. Dan juga seorang pejuang LDR (kita mah setrong)💪.  Hal yang berbeda adalah tahun lalu aku menjalani Ramadhan di rumah mertuaku, sedangkan tahun ini aku sudah tinggal dirumahku sendiri. Selain sekarang sudah punya rumah sendiri maka akupun harus mandiri, sehingga  aku harus menyiapkan sajian berbuka dan sahur untuk diriku dan suami dengan tanganku. Aku sangat bersemangat, karena menghidangkan makanan untuk orang yang berpuasa saja berpahala apalagi yang diberikan hidangan adalah suami sendiri? (Maka, Nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?)😇😇😇.
Nah, supaya tidak kebingungan dalam membuat menu masakan, aku harus mulai membuat daftar list menu berbuka dan sahur yang akan aku siapkan selama 29 hari kedepan. Cara yang paling mudah adalah aku tinggal browsing di internet dan dalam hitungan detik, Voilla!!! Aku pun dimanjakan dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi. Resep apa yang tak bisa aku temukan? Semua berjejer rapi menunggu untuk kupilih. Akan tetapi semua resep ini akan aku sesuaikan dengan selera suami, maklum selera desa. Salah satu menu yang cukup mudah dibuat dan khas dari daerahku adalah Sambal Tanak. Ada yang pernah dengar? Belum? Sudah? Kalau yang berasal dari Provinsi Jambi mungkin pernah dengar. Baiklah kawan-kawan... untuk memenuhi hasrat penasaran teman-teman aku akan menceritakan resep  dan cara membuat Sambal Tanak.
Bahan utama dari Sambal Tanak ini adalah Pete (bisa diganti jengkol) dan Ikan teri (bisa diganti ikan asin tawar/Ikan Bada Rebus). Kemudian bahan pendukung yang tak kalah penting adalah santan kental. Untuk bumbu halus bisa kita ulek cabe merah, bawang merah dan bawang putih dan setengah sendok teh garam. Jangan lupa satu buah serai digeprek dan satu helai daun kunyit di cuci bersih.
Cara memasaknya cukup mudah, kita tumis bumbu halus tadi, kemudian jika sudah matang masukkan pete dan ikan teri, lalu santan, serai dan daun kunyit. Aduk sampai semua bumbu dan  santan tercampur merata, tunggu sampai santannya meresap dan agak mengering. Jika sudah agak mengering matikan kompor dan siap disajikan.
Itulah Resep Pertama yang akan aku eksekusi pada Puasa Pertama Hari ini, semoga rasanya tidak mengecewakan, aminnn ..... 
Happy Fasting everyone, Semoga Puasanya Lancar dan Berkah sampai nanti Berbuka... 🙏🙏🙏🙏🙏

https://www.ultimatedanielfast.com/wp-content/uploads/2013/02/fast-and-pray-logo-jpg.jpg

Comments

Popular Posts