Day 73 : Kamu harus tahu jurus Jitu Lunas Hutang Tulisan !!!

            Tak terbayangkan dalam benak, bahwa ini akan benar-benar terjadi. Hutang postingan terbanyak dalam sejarah hidup saya sejak awal perekrutan hingga akhir ini. Awalnya sih coba-coba, eh akhirnya ketagihan. Ini iklan apa coba? Awalnya memang saya beberapa kali menunda memposting tulisan dengan alasan belum sempat. Eh, qadarullah dikasih sakit hampir dua minggu yang mengakibatkan hutangnya beranak-pinak.


            Hampir dua minggu saya gak bisa bangkit untuk menulis, karena didera rasa sakit yang tak kunjung berhenti. Selain itu bersamaan juga dengan pembuatan laporan daring pembelajaran di sekolah yang membuat kepala saya cukup nyut-nyutan mana dulu yang harus saya kerjakan. Alhamdulillah, seorang kawan mengajak bernegosiasi dengan para Penanggung Jawab ODOB Batch 8 agar dapat memberikan kompensasi waktu bagi kami yang banyak hutangan ini plus harus menyetor tulisan untuk Antologi sebagai tulisan akhir yang akan dibukukan sebagai kenang-kenangan perekrutan tahun ini. Negosiasi pun berhasil dilakukan, tapi kebahagiaan ini tidak berhenti sampai di sini saya harus berjuang melunasi hutang yang sudah menumpuk itu. Saya pun didera perasan ragu, apakah saya mampu melunasi hutang dan lulus anggota ODOP tahun ini? Bismillah!!!


            Layaknya berperang, kita membutuhkan strategi agar dapat menyelesaikan hutang postingan ini. Jika dihitung-hitung saya hutang tulisan sebanyak tiga belas postingan. Apa yang harus saya lakukan agar hutang ini satu persatu hilang? Simak Baik-baik!


Pertama.

            Buat list tanggal berapa saja hutang ini dimulai sampai berakhir. Seperti halnya kamu menulis tanggal pedekate, kencan pertama, jadian pertama, anniversary pertama, jangan sampai ada yang terlewatkan karena bisa fatal di kemudian hari yaitu tidak lulus. Seram, kan? Makanya, ayo dihitung dan diperiksa lagi catatan tanggalnya.


Kedua.

            Pikirkan Ide tulisan untuk setiap tanggal dan postingan kamu. Kamu bisa buat review buku, film atau drakor yang kamu baca dan tonton selama seminggu ini. Selain itu kamu juga bisa mengumpulkan beberapa pengalaman dan kisah unik yang kami alami selama seminggu ini. Setelah itu kamu bisa menuliskan hobi atau kesukaan yang baru-baru ini kamu temukan. Bisa juga kamu menulis beberapa puisi atau tips-tips ringan yang bisa menambah tulisanmu. Masih belum cukup? Kamu bisa tambahkan dengan mereview resep makanan atau menulis resep kesukaanmu. Masih kurang juga? Ya sudah kamu curhat saja mengenai apa yang terjadi sehingga bisa hutang postingan atau kerjaan kantor yang sepertinya gak kelar-kelar.


Ketiga.

            Mulai menulis, siapkan amunisi seperti cemilan dan air putih dan bulatkan tekad agar list ide itu tak cuma ada di dalam kepala namun keluar dari kepalamu dan menjadi sebuah tulisan. Jangan pusingkan masalah berapa kata yang harus kamu tulis. Tulis saja, hingga semua hutang selesai. Titik.


Keempat.

            Setiap selesai menulis dengan tema yang sudah kamu persiapkan jangan lupa di ceklis pada catatan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar kamu bisa melanjutkan untuk menulis ke ide dan tema selanjutnya dan kamu bisa melihat progree tulisanmu tinggal berapa lagi yang harus kamu siapkan. Ini juga bisa memotivasi kamu dalam menulis, seperti; "Wah, tinggal tiga tulisan lagi. Jadi tambah semangat nih" Jadi tambah semangat kan? 


Kelima. Terakhir.

            Setelah selesai ucapkan alhamdulillah, karena kamu gak akan berhasil tanpa-Nya. Oh iya, jangan lupa tinggalkan komentar ya jika kamu berhasil melakukan ini. Semangats Lulus ODOP Batch 8!!!

Comments

Popular Posts